Berita Terkini

Workshop Implementasi KEPPH di Sulawesi Utara

19 Okt

kepph1.JPG

       Bertempat  di Hotel Novotel Manado  dilaksanakan    Workshop  “ Implementasi  Kode Etik Dan Pedoman Perilaku Hakim“  yang diikuti oleh 24  orang peserta dari unsur  hakim pengadilan tingkat banding dan  hakim tingkat pertama dalam tiga lembaga peradilan se wilayah sulawesi utara, yaitu Peradilan Umum, Peradilan Agama dan Peradilan Tata Usaha Negara.

kepph2.JPGkepph3.JPG

       Workshop tersebut dilaksanakan oleh komisi yudisial bekerja sama dengan berbagai pihak antara lain jemly school, acara tersebut dibuka oleh Ketua Komisi Yudisial  Prof.Dr. Aidul Fitriciada Azhari, SH. M.Hum, beliau menjelaskan tentang peranan  komisi yudisial dalam menjaga  dan menegakkan kehormatan, keluhuran martabat  dan perilaku hakim, sedangkan  Ketua Kamar Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, Dr. H. Sunarto, SH. M.Hum,  sebagai salah seorang narasumber berpesan agar para hakim menjaga  integritas  dan professionalisme  dalam melaksanakan tugas, telah banyak aturan yang ditetapkan Mahkamah Agung untuk dipedomani dalam rangka pembinaan dan pengawasan, namun bila aparat pengadilan  khususnya hakim mengabaikan petunjuk pembinaan dan pengawasan itu  maka Mahkamah Agung akan menindak tegas aparat atau hakim yang bersangkutan, dengan istilah beliau kalau tidak bisa lagi dibina akan dibinasakan.

 kepph4.JPGkepph5.JPG

       Acara workshop ditutup oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Sulawesi Utara  Dr. H. M. Jamil Ibrahim, SH.MH.MM.  Dalam sambutannya menyampaikan agar para hakim terutama hakim tinggi sebagai kawal depan Mahkamah Agung,  harus dapat menterjemahkan dalam realitas kehidupan 10 ( sepuluh ) butir kode etik dan pedoman perilaku hakim, bukan hanya menjadi hafalan, tapi yang lebih penting adalah pemahaman dan implementasinya, sehingga  prestasi kita dua tahun  terahir ini, dari data yang selalu disampaikan oleh  komisi yudisial,  bahwa tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja peradilan diwilayah sulawesi utara  selama ini adalah yang tertinggi di wilayah indonesia, kita mengharapkan agar nilai dan kepercayaan  ini tetap dipertahankan, dan jangan sampai pudar dimasa yang akan datang.(IdrisHz)   

       

Bangun PA Baru, KPTA Sulut Kunjungi Bupati Bolsel

18 Okt

P_20171010_110856-696x366.jpg

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Sulawesi Utara melakukan kunjungan bertemu dengan Bupati Bolsel Hi. Herson Mayulu, S.IP di Hotel Sutan Raja Kotamobagu, Selasa (10/10).

Tujuan dari pertemuan ini untuk membicarakan perihal Pengadilan Agama (PA) yang akan hadir di Bolsel tahun 2018 mendatang.

Kepala Bagian Humas (Kabag) Ahmadi Modeong mengatakan rencana PA Akan hadir di Kabupaten Bolsel mulai tanggal 1 Januari 18. “Untuk lebih lanjut, kita lihat saja ke depan nanti. Insya Allah semua sesuai dengan yang direncanakan,” jelasnya.

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Sulut Dr. H. M. Jamil Ibrahim, SH., MH., MM usai pertemuan kepada sejumlah wartawan mengatakan, Kabupaten Bolsel sangat mendukung pembangunan Kantor PA. “Ini adalah bagian dari pelayanan kepada masyarakat yang harus dilakukan oleh pemerintah dalam hal ini Pengadilan Agama. Di Bolaang Mongondow, ada empat daerah yang direncakan akan dibangun.”

Di tambahkan, bahwa kita hanya sebatas menganggarkan pembangunan gedung. “Untuk tanahnya, hibah langsung dari Pemerintah Kabupaten setempat. Kabupaten Bolsel daerah yang pertama kali menyetujui dari kabupaten lainnya.

Peringatan HUT Dharmayukti Karini ke XV

27 Sep

IMG_2109.JPGIMG_2106.JPG

Tepat pada tanggal 26 September 2017, Pengurus dan Anggota Dharmayukti Provinsi Sulawesi Utara menyelenggarakan Perayaan HUT Dharmayukti Karini ke XV. Kegiatan ini mengangkat tema “ Melalui HUT ke – XV Dharmayukti Karini memperkuat peran sebagai pemersatu bangsa “

Acara dilaksanakan di Pengadilan Tinggi Agama Sulawesi Utara. Acara HUT ini dibuka dengan diadakan upacara perayaan HUT Dharmayukti Karini, dengan bertindak sebagai pemimpin upacara Ketua Dharmayukti Karini Provinsi Sulawesi Utara Ny. Hj. Yulia Indrawati Sudiwardono.

IMG_2464.JPGIMG_2421.JPG

Dalam HUT Dharmayukti Karini Provinsi Sulawesi Utara ini juga dimeriahkan dengan lomba-lomba antar Peradilan di Provinsi Sulawesi Utara. Adapun yang diperlombakan adalah lomba tertib administasi, lomba bazar, lomba memasang dasi, lomba membuat tumpeng, dan disamping anjangsana ke Panti Asuhan.

IMG_2636.JPGIMG_2645.JPGIMG_2560.JPG

Ny. Umiyatin Heru Marsono, sebagai Ketua Panitia dalam kegiatan HUT Dharmayukti Karini, melaporkan bahwa kegiatan ini terlaksana dengan adanya partisipasi dari seluruh Pengurus, Anggota serta Pelindung Dharmayukti Karini Provinsi Sulawesi Utara, maka dengan ini disampaikan terima kasih sebesar-besarnya atas keterlibatan semua pihak.

Dalam sambutan Ketua Dharmayukti Karini Provinsi Sulawesi Utara Ny. Hj. Yulia Indrawati Sudiwardono mengajak Ibu-ibu yang tergabung dalam Dharmayukti Karini untuk membenahi jati diri dengan kerja sama membangun Dharmayukti Karini Provinsi Sulawesi Utara dengan penuh dedikasi dan terpadu antar semua cabang di Wilayah Sulawesi Utara.

IMG_2728.JPGIMG_2727.JPGIMG_2717.JPG

Hadir juga dalam Kegiatan Ketua PTA Sulawesi Utara dan Ketua PT Manado SUDIWARDONO, S.H., M.Hum, serta Pimpinan Pengadilan yang ada di Sulawesi Utara yang selaku Pelindung Dharmayukti Karini Provinsi Sulawesi Utara.

IMG_2770.JPGIMG_2845.JPGIMG_2870.JPG

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Sulawesi Utara Dr. H. M. Jamil Ibrahim, SH., MH., MM Selaku Pelindung Dharmayukti Karini Provinsi Sulawesi Utara menyampaikan kembali bahwa Dharmayukti Karini sengaja diadakan tahun 2012 untuk memperkokoh gerak bersama antara Ibu-ibu yang tergabung dengan Dharmayukti Karini di Peradilan dibawah Mahkamah Agung. Semoga dari tahun ke tahun peran Dharmayukti akan semakin mantap sesuai tujuan yang telah ditetapkan Keputusan Ketua Mahkamah Agung. Serta menyampaikan Apresiasi rasa syukur dan bahagia atas terlaksananya kegiatan ini.

Acara di tutup dengan foto bersama dan Ramah Tamah. (Idris Hz)

Tim Tenis PTA Sulut, ikut serta tournament tenis daam Rangka HUT TNI ke 72

03 Okt

Tim Tenis Pengadilan Tinggi Agama Sulawesi Utara Ikut serta dalam tournament tenis PANGDAM XIII dan BAVETI Sulut dalam rangka HUT TNI Ke – 72 Tahun 2017. Kegiatan ini dilaksanakan hari Sabtu, tanggal 30 September 2017 di lapangan Indoor Tenis Kodam Sulawesi Utara.

1.jpeg

Acara Pembukaan tournament tenis PANGDAM XIII dan BAVETI Sulut dalam rangka HUT TNI Ke – 72 Tahun 2017.

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Sulawesi Utara, foto bersama dengan para peserta tournament tenis.

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Sulawesi Utara Foto Bersama para Juara Tournament Tenis.

5.jpeg

Penyerahan hadiah kepada para juara tenis oleh Ketua PTA Sulawesi Utara.

KETUA PTA SULUT BERIKAN PEMBINAAN SAPM

13 Sep

1.jpg

PTA Sulut News | 11/09/2017 | Ketua Pengadilan Tinggi Agama Sulawesi Utara Dr. H. M. Jamil Ibrahim, SH., MH., MM memberikan pembinaan kepada seluruh Ketua, wakil ketua, Hakim, Panitera dan Sekretaris seluruh satker Pengadilan Agama sewilayah Sulawesi Utara.

Tujuan Pembinaan di daerah dalam rangka mempercepat program-program unggulan seperti SAPM, SIPP dan sosialisasi SEMA Nomor 7, Nomor 8 dan Nomor 9 tentang Disiplin, Pengawasan dan Pembinaan.

Turut hadir juga para Hakim Tinggi Pengawas Bidang dan Daerah PTA Sulut diantaranya Drs. H. Muhammad Yanas, SH., MH. Drs. H. Nadir Makka SH., MH dan Drs. Heru Marsono, SH., MH.

3.jpg4.jpg

Pembinaan dilaksanakan di Pengadilan Agama Amurang pada pukul 10.00 Wita. Agenda tersebut dilaksanakan setelah acara Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Wakil Ketua Pengadilan Agama Amurang Nur Amin, S.Ag., MH. 

Focus pembinaan yang disampaikan adalah tentang Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) Pengadilan Agama, Pelayanan Publik serta Penekanan Pedoman Perilaku Hakim dan Aparat Peradilan yang bersih, sebagai visi dan misi Mahkamah Agung dapat berjalan dengan cepat dan baik. Hal ini menjadi program prioritas PTA Sulut pasca sosialisasi SAPM yang disampaikan oleh Sekretaris Ditjen Badilag pada 14 Agustus lalu.