Berita Terkini

PTA Manado menggelar Sosialisasi PERMA Nomor 14 Tahun 2016

06 Apr

PK1 

Kewenangan mengadili perkara Ekonomi Syariah bagi jajaran peradilan Agama adalah amanah Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1989, telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2006 dan perubahan kedua dengan Undang-Undang Nomor 50 Tahun 2009, salah satu tugas dan fungsi Peradilan Agama adalah menyelesaikan perkara Ekonomi Syariah yang diajukan kepada Pengadilan Agama.

Lahirnya PERMA Nomor 14 Tahun 2016 memberikan petunjuk teknis kepada bagi Hakim, baik Hakim di tingkat banding maupun di Tingkat Pertama dalam rangka menyelesaikan perkara Ekonomi Syariah yang diajukan oleh pencari keadilan dalam bidang ini.

PK2 PK3

Untuk memperdalam pemahaman terhadap Peraturan Mahkamah Agung tersebut sebagai petunjuk Teknis terutama bagi Hakim dalam rangka menangani perkara tersebut. Pengadilan Tinggi Agama Manado menggelar Sosialisasi terhadap Pengadilan Agama dibawahnya.

Dalam kegiatan tersebut diundang Seluruh Ketua, Wakil Ketua, Hakim serta Panitera Peradilan Agama yang berada diwilayah Pengadilan Tinggi Agama Manado. serta mengundang beberapa stackholder instansi yang ada kaitan untuk mempersatukan tentang tata cara penyelesaian Ekonomi Syariah diantaranya Dekan Fakultas Syariah dari IAIN Manado, Lembaga bantuan Hukum (LBH), dan BRI Syariah dan lainnya.

Kegiatan dimulai pada hari kamis tepat pukul 08.00 dengan diawali dengan Pembukaan Sosialisasi PERMA Nomor 14 Tahun 2014 di Aula Kantor PTA Manado. Pada acara pembukaan tersebut hadir Ketua PTA manado Dr. H. M. jamil Ibrahim, SH., MH., MM, Wakil Ketua PTA Manado Drs. H. Izzuddin,HM., SH., MH dan acara itu dibuka oleh Bapak Dr.H. Amran Suadi, S.H., M.Hum. M.M. (Ketua Kamar Agama MA RI), dan turut membuka acara tersebut Bapak Dr. H. Edi Riadi, SH., MH (Hakim Agung MA RI) selanjutnya sebagai narasumber Sosialisasi PERMA Nomor 14 Tahun 2016.

PK5 PK6

Ketua PTA Manado Bapak Dr. H. Jamil Ibrahim, SH., MH., MM dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal terkait situasi PA yang ada diwilayah PTA Manado yang berjumlah 6 PA, sementara 4 PA lagi sedang dalam proses pembentukan. InsyaAllah dalam waktu yang tidak lama lagi akan beroperasi. Ketua PTA Mengingatkan terhadap hal-hal yang menjadi perintah disamping mempelajari PERMA ini dan menjadi pelopor dalam penanganan perkara Ekonomi Syariah, juga tentang SAPM yang direncanakan harus selesai tahun ini semuanya.

“Kedepan jajaran PA yang akan memeriksa perkara ekonomi syariah tidak boleh menolak dan harus diselesaikan karena sudah menjadi kewenangan kita, maka harus belajar dan mendalami dengan baik.” Sebut Bapak Amran Suadi Ketua Kamar Agama MA RI, dalam sambutannya sebelum membuka kegiatan sosialisasi ini secara resmi.

Kegiatan sosialisai ini para narasumber memamparkan beberapa materi terkait dengan PERMA Nomor 14 Tahun 2016, yang diantaranya:

  1. Pandangan Umum Sejarah lahirnya Perma Nomor 14 tahun 2016 disampaikan oleh Dr.H. Amran Suadi, S.H., M.Hum. M.M. sebagai moderator Ketua PTA manado Dr. H. M. jamil Ibrahim, SH., MH., MM
  2. Tata cara Gugatan Sederhana disampaikan oleh Dr. H. Edi Riadi, SH., MH dan bertindak sebagai moderator Wakil Ketua PTA Manado Drs. H. Izzuddin,HM., SH., MH
  3. Eksekusi Hak tanggungan, Fidusia dan Arbitrase disampaikan oleh Dr.H. Amran Suadi, S.H., M.Hum. M.M. sebagai moderator Ketua PTA manado Dr. H. M. jamil Ibrahim, SH., MH., MM.

Pada setiap sesi materi para perserta diberikan kesempatan untuk melakukan tanya jawab. (IdrisHz)

UPZ PTA MANADO DUKUNG KEGIATAN BAZNAS PROV. SULUT

04 Apr

zakat1.jpg

Manado, PTA News 26/03/2018 | Baznas Provinsi Sulawesi Utara menggelar kegiatan Festival Kuliner Halal Nusantara dan menggandeng UPZ (Unit Pengumpul Zakat) Pengadilan Tinggi Agama Manado sebagai pertner kerjasama mensukseskan kegiatan tersebut. Kegiatan yang diselenggarakan sejak tanggal 25 hingga 31 Maret 2018 ini memiliki berbagai macam rangkaian kegiatan. Seperti disampaikan oleh Ketua UPZ PTA Manado Drs. A. Saefullah Ank, SH bahwa UPZ PTA Manado yang merupakan komunitas muzakki tetap akan selalu mendukung program Baznas dalam upaya menjalankan amanat Undang-undang 23 tahun 2011 tentang pengelolaan zakat.

Ketua PTA Manado Dr. H.M. Jamil Ibrahim, MH, MM selaku Pembina UPZ PTA Manado mengapresiasi program tersebut, menurutnya Festival Kuliner Halal Nusantara ini dapat mendorong semangat para Mustahik untuk lebih giat mengambil peluang usaha agar dapat meningkatkan kesejahteraan hidup, serta beliau mengharapkan peran serta pemerintah provinsi untuk dapat menunjang fasilitas berupa sarana tempat untuk kuliner halal di Manado. Hal tersebut juga senada dengan penyampaian Ketua BAZNAS Sulut H. Abid Takalamingan yang mengharapkan kekuatan Zakat para Muzakki semakin meningkat sehingga kesejahteraan umat mampu terealisasi dan bukan sekedar wacana.

zakat2.jpg

Rangkaian kegiatan Festival Kuliner Halal Nusantara ditutup secara resmi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Sulawesi Utara pada hari Sabtu 31 Maret 2018 sekaligus pada momen tersebut panitia menyerahkan hadiah-hadiah lomba bagi pemenang lomba masak dan Bantuan Modal Usaha kepada para Mustahiq.

7 Hakim Pengadilan Agama ikut Seleksi Hakim Ekonomi Syariah

05 Mar

EKSy1  EKSy5

Jum’at 2 Maret 2018 | Pengadilan Tinggi Agama Manado menggelar Test Elektronik Hakim Ekonomi Syariah untuk seluruh hakim di Pengadilan Agama se Wilayah PTA Manado yang dilakukan secara serentak di seluruh Peradilan Agama di Indonesia.

Tes Elektronik ini diikuti oleh 7 hakim yang dinyatakan lulus untuk mengikuti tes elektronik. Hakim yang lulus tes ini sudah melalui tahap pendaftaran, dan seleksi administratif hingga dinyatakan lulus oleh panitia seleksi pusat. Pendaftaran dilaksanakan pada bulan februari melalui surat dari Dirjen Badan Peradilan Agama.

EKSy2  EKSy4

Dan, PTA Manado selaku Panitia Daerah sesuai dengan surat Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama MA RI Nomor 0327/DJA/PP.00.1/2/2018, tanggal 14 Februari 2018, perihal "Penunjukan Panitia Daerah Seleksi Administrasi dan Kompetensi Tertulis Secara Elektronik (E-Test) Calon Peserta Sertifikasi Hakim Ekonomi Syariah Tahun 2018 ". mengeluarkan Surat Keputusan Ketua PTA Manado, tentang Pembentukan Panitia Daerah Seleksi, Drs. H. M. Yunus Rasyid, SH., MH sebagai Ketua Tim seleksi, dan Pengawas kegiatan oleh Drs. Mursid Amirudin, dan dibantu oleh beberapa anggota panitia dari tenaga Kepegawaian dan Teknologi Informasi.

Nama Peserta Sertifikasi Hakim Ekonomi Syariah Tahun 2018 diantaranya, yaitu:

  1. Rukijah Madjid, S.Ag Wakil Ketua PA Tondano
  2. Masita Olii, S.HI Hakim PA Tondano
  3. Drs. Burhanudin Mokodompit Hakim PA Manado
  4. Drs. Rahmat, MH Hakim PA Manado
  5. Masyrifah Abasi, S.Ag Hakim PA Kotamobagu
  6. Nur Ali Renhoat, S.Ag Hakim PA Kotamobagu
  7. Nur Afni Saimima, SH Hakim PA Bitung

Tes dibuka dengan melafazkan surat Alfatihah, yang dipandu oleh Wakil Ketua PTA Manado Drs. H. Izzuddin Hm, SH., MH dan mempersilahkan para peserta tes untuk mengerjakan soal-soal yang diberikan. Tes dilaksanakan tepat pukul 09.00 Wita, sesuai dengan petunjuk dari Panitia Pusat. (Idrishz)

Wakil Ketua PTA Manado lakukan pembinaan kepada 23 Cakim

03 Apr

PC PC3

Senin 2 April 2018. | Pengadilan Tinggi Agama Manado sambut dua puluh tiga Calon Hakim yang baru mendapatkan SK yang semuanya bertugas di PA yang ada diwilayah PTA Manado. Dalam agenda tersebut, para Calon Hakim diberikan pembinaan oleh Wakil Ketua PTA Manado Bapak Drs. H. Izzuddin HM, SH., MH terkait tugas dan tanggung jawab hakim.

 PC4 PC5

Informasinya ke dua puluh tiga calon hakim ini mendapatkan SK sebagian menempati di Pengadilan Agama yang baru di wilayah PTA Manado, diantaranya PA. Lolak, PA. Tutuyan, PA. Bolaang Uki, dan Pa. Boroko.namun, karena kantor secara fisik belum terealisasi maka untuk sementara ditempatkan di PA. Kotamobagu.

Kegiatan dilaksanakan di Aula PTA Manado tepat pada pukul 09.00 s/d selesai. Dalam agenda pembinaan yang diberikan oleh Wakil Ketua PTA Manado didampingi juga para Ketua Pengadilan Agama yang ada diwilayah PTA Manado.

PC6 PC7

Kegiatan juga disertakan dengan perkenalan dari calon hakim secara satu persatu, dan kemudian melakukan tanya jawab, terkait hal apa saja khususnya tugas dan tanggung jawab hakim, yang baru dipaparkan oleh Wakil Ketua PTA Manado. Acara ditutup dengan foto bersama dengan Pejabat di PTA Manado.

kebersihan juga bagian dari pelayanan publik yang prima

23 Feb

ktr  kt3  kt4

Jika anda berkunjung ke Pengadilan Tinggi Agama Manado anda pertama kali akan disuguhkan dengan pemandangan penuh hiasan bunga-bunga yang ditata rapi pada halaman depan dan di depan pintu masuk kantor.

Kebersihan, serta kerapihan tatanan halaman kantor setidaknya menjadi citra dari Pengadilan Tinggi Agama Manado. Jika mau melihat kinerja dari sebuah kantor hal yang pertama kali lihatlah halaman kantornya (kebersihan halaman kantor).

Halaman kantor yang bersih perlu diperhatikan karenanya lembaga peradilan adalah lembaga yang melayani kepentingan publik yang berupaya untuk mencari keadilan, dan seharusnya publik perlu dijaga kenyamanannya dalam berkunjung ke Kantor Pengadilan Tinggi Agama Manado.

kt4  kt5

Bersih, indah dan asri lingkungan kantor menjadi bagian penting dari pelayanan prima kepada publik. Konsep pelayanan prima ini termaktub dalam Enam Langkah Strategis Menuju Pelayanan Prima di Pengadilan ala Ketua Kamar Agama, pada poin Kelima, yaitu menciptakan suasana kondusif bagi masyarakat, khususnya pencari keadilan, dengan menata sarana dan prasarana pelayanan publik yang bersih dan nyaman.

kt6  kt7

kt8  kt9

Pengadilan Tinggi Agama Manado dalam menjaga kebersihan kantornya, menetapkan setiap pagi di hari jumat sebelum memulai pekerjaan harian diagendakan kerja bakti membersihkan halaman kantor, gedung kantor dan lapangan tenis PTA Manado.

Seperti kata yang baik “Kebersihan adalah sebagian dari iman”, kebersihan kantor adalah citra dari peradilan agama yang menjunjung tinggi kualitas kerja yang maksimal. (IdrisHz)