Rapat Koordinasi DIRJEN BADILAG dan Ketua PTA Se-Indonesia dan Ketua PA sewilayah SULUT, GORONTALO DAN MALUT

Rapat Koordinasi DIRJEN BADILAG dan Ketua PTA Se-Indonesia dan Ketua PA sewilayah SULUT, GORONTALO DAN MALUT

 DIRJEN1

Selasa, 23 Oktober 2018 | PTA Manado

Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung melakukan Rapat Koordinasi bersama Ketua Pengadilan Tinggi Agama Se-Indonesia dan Ketua Pengadilan Agama diwilayah Sulawesi Utara, Gorontalo dan Maluku Utara. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Pengadilan Tinggi Agama Manado Pukul 19.00 Wita.

Rapat Koordinasi ini dilaksanakan pada momentum acara Peresmian 85 Pengadilan Baru dan Pembinaan oleh Ketua Mahkamah Agung RI Prof. Dr.H.M. Hatta Ali, SH., MH di Manado, dan dimana para Ketua Pengadilan Tinggi Agama Se-Indonesia berkumpul di Manado untuk menghadiri acara tersebut.

Yang hadir dalam Rapat Koordinasi tersebut Direktur Jenderal Badilag Dr. Drs. Aco Nur, SH., MH beserta Pejabat Eselon II dan III di lingkungan Peradilan Agama.

 DIRJEN6  DIRJEN4 

Ini merupakan langkah cerdas dan strategis yang diambil pada momen ini, mengingat untuk mengumpulkan seluruh Ketua Pengadilan Tinggi Agama se-Indonesia dalam satu kegiatan sendiri jelas membutuhkan biaya yang sangat besar, dan selamat datang di Manado dan Pengadilan Tinggi Agama Manado ‘tukas Ketua PTA Manado dalam sambutan selamat datang’.

DIRJEN5 

 

Dalam Fokus Rapat Koordinasi Direktur Jenderal Badilag Dr. Drs. Aco Nur, SH., MH yang bisa kami (red) kutip beliau menyampaikan terkait beberapa hal yang akan dikerjakan dalam membawa Peradilan Agama menjadi lebih baik,salah satu diantaranya dibidang Teknologi Informasi.

“kita sementara menggarap Acces to Justice Program (Program Akses ke Pengadilan) Aplikasi ini merupakan Bank Data yang bisa membantu Pengadilan untuk mencari informasi lebih lanjut tentang pihak yang meminta bantuan hukum tanpa harus melakukan verifikasi ke kantor kelurahan, hanya dengan memasukkan NIK dan data yang dibutuhkan langsung ditampilkan, dengan menggunakan aplikasi ini akan sangat membantu dalam hal kecepatan dan akurasi data para pihak yang meminta bantuan hukum.

 DIRJEN2 DIRJEN3

Beliau juga menyampaikan hasil audit terakhir terkait porsentase penilaian aplikasi Website, SIPP, One day One Minutasi, dan penyerapan anggaran. Kedepannya kita akan melaksanakan lomba Inovasi, Website, SIPP dan Pemberkasan Perkara, beliau meminta untuk segera mempersiapkan Pengadilan Tinggi Agama dan Pengadilan Agama diwilayahnya masing-masing.

Terakhir beliau menyampaikan harapan audit ini bisa memberikan motivasi untuk kerja-kerja yang lebih baik kedepannya. (IdrisHz)